Minggu, 18 Desember 2016

From Bintaro to Ketapang (Part 1)



Gambar diatas adalah pengumuman penempatan instansi untuk alumni PKN STAN 2016 kemarin. Setelah melewati tiga tahun yang terasa cukup berat (tapi tetap menyenangkan), Allah memberikan hadiah berupa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai tempat mengabdiku kemudian.
Selang beberapa hari sejak itu, orientasi pegawai baru Kementerian Keuangan dilalui. Mulai dari Custom on Boarding Programme (CBP), orientasi pegawai baru DJBC. Juga orientasi untuk seluruh pegawai kemenkeu di SICC Bogor, 6 Desember 2016. 
Foto bersama panitia CBP 2016
Keluarga IMAMcu tersayang. Foto di depan SICC sebelum mulai acara orientasi pegawai baru Kemenkeu.
-Kiri atas- Yopa (DJBC), Reski (DJBC), Risna (DJBC), Dini (DJP), Ina (DJPK), Wildy (DJP), Tifa asik (DJP), Tifa ajah (DJP), Nunu (DJBC), Abi (DJPB), Yoga (DJBC)
-Kiri bawah- Tri (DJBC), Fahrul (DJP), Saya (SJBC), Edi (DJPB), Aryo (DJPB), Irham (DJP), Jems (DJP), Cedric (DJBC), Iqra (DJP)

Setelah di PHP dengan pilihan instansi (waktu itu ada survey untuk memilih 3 instansi, saya pilih BKF, Itjen, dan DJP. Tapi nyatanya tidak ngaruh ke penempatan sebenarnya), dari panitia CBP (yg mayoritas ternyata adik-adik tingkat kami dari BDK lain) memberikan tiga pilihan kepada kami terkait kantor yang bakal ditempati untuk On Job Training (OJT). Karena masih mau dekat dengan rumah, jadilah saya pilih Makassar

  • KPPBC Pabean Tibe B Makassar
  • Kanwil DJBC Sulawesi
  • Kanwil DJCB Jawa Tengah dan Yogyakarta

KPPBC Tipe Pratama Ketapang. Yoooo

Nyatanya, pilihan itu pun ga ngaruh untuk penempatan ojt kami yang di DJBC. Kami dilempar disebar sedemiian rupa se-Indonesia Raya. Dari Sabang sampai Merauke ada. Banyak nama-nama daerah yang belum pernah sama sekali ku dengar tapi muncul di pengumuman OJT itu. Termasuk penempatanku, “Ketapang”. Ketapang yang saya tahu malah sejenih buah-buahan seperti kenari, untuk memakan isinya harus di pecahkan terlebih dahulu dengan palu, batu, atau benda keras lainnya. Mencari ketapang, waktu itu, adalah salah satu cara kami (anak kampung) menghabiskan sore hingga menjelang maghrib. 

Temanku bilang Ketapang itu daerah di Jawa Timur, dekat Banyuwangi. Dalam hati saya bersyukur, alhamdulillaah dapat Jawa Timur, baguslaah. Kemudian, saya googling KPPBC Pratama Ketapang. Google membawa kami menjauh dari Jatim menuju salah satu titik di daerah Kalimantan Barat. Kaget, iya. Ketapang tepat berada di buntut Pulau Kalimantan, daerah berpantai di bagian bawah Kalimantan Barat. 

Ya, bersyukur itu mesti. Allah dengan segala ketetapannya menyimpan banyak fadilah untuk hambanya yang mau bersyukur 😀 Ketapang, I’m Coming


Tidak ada komentar:

Posting Komentar